Skip to main content

Bikin Pusaran dari Bulatan



Beragam bentuk dapat diolah dengan aplikasi vektor Adobe Illustrator CS4 — termasuk bentuk-bentuk dasar, seperti bulatan, kotak, dan sejenisnya — menjadi bentuk-bentuk spesial. Dari sini kemudian Anda bisa mengembangkannya menjadi sebuah logo atau karya ilustrasi yang menarik.

Pada panduan kali ini, PCplus akan mengajak Anda untuk memanfaatkan fasilitas Transform dan Effect untuk menciptakan sebuah logo. Modal dasarnya hanya dari sebuah bulatan saja. Namun, akhirnya bulatan ini bisa Anda bentuk menyerupai pusaran. Cara membuatnya mudah saja, tak perlu banyak mengolah bentuk dengan pointer mouse.

1. Buatlah sebuah lingkaran berwarna hitam dengan bantuan [Ellipse Tool]. Seleksi lingkaran dengan [Selection Tool], lalu beri efek dengan mengklik [Effect] > [Distort & Transform] > [Transform...].

2. Pada boks yang muncul, coba masukkan nilai-nilai seperti yang tampil pada screenshot, yaitu 85% pada menu "Scale", pada kedua menu slider, "Horizontal" dan "Vertical". Isikan nilai 75 pt pada menu slider "Horizontal" di menu "Move". Isikan angka 8-10 pada "Copies". Klik [OK]. Lingkaran pertama akan "beranak" dengan bentuk yang gradual.

3. Selanjutnya, beri warna gradasi lewat menu dalam panel "GRADIENT". Klik-tarik warna pilihan dari menu "SWATCHES" ke slider warna gradasi di panel "GRADIENT" untuk menentukan warna gradient. Gradasi akan langsung diterapkan ke semua lingkaran. Gradasi warna yang diterapkan memang untuk satu lingkaran.

4. Jika Anda hendak menerapkan gradasi warna kepada seluruh lingkaran sekaligus—sehingga warna gradasi tampak bertahap dari lingkaran besar ke kecil—lakukan langkah berikut: arahkan pointer ke panel "APPEARANCE", lalu klik [Transform] (yang ada di urutan ketiga), dan pindahkan ke susunan teratas pada daftar dengan menggesernya ke bagian atas.

5. Untuk membentuk pusaran, bentuklah lingkaran menjadi serupa matahari terlebih dahulu. Klik [Effect] > [Distort & Transform] > [Transform...]. Masukkan angka 30° pada menu “Angle” di bagian “Rotate”. Isikan pula nilai 11 pada “copies”. Klik kotak kecil yang ada di baris kedua dan kolom pertama (dari kiri) pada menu di bawah “Reflect Y”. Klik [OK].

6. Tambahkan efek fish eye pada gambar dengan mengklik [Effect] > [Warp] > [Fisheye]. Masukkan nilai 75 pada menu "Bend". Klik [OK]. Selanjutnya, pada panel "APPEARANCE", pindahkan layer efek Fisheye ini ke urutan bawah, sebelum "Opacity: Default".

7. Mari membentuk pusaran dengan mengklik [Effect] > [Warp] > [Twist]. Masukkan nilai 80 pada menu "Bend". Pun pilih opsi [Horizontal]. Klik [OK]. Geser layer ”Twist” ke bawah layer “Fisheye” pada panel "APPEARANCE". Sekarang, tambahkan lagi efek “Twist” dengan nilai yang sama, namun jangan ubah posisi layernya. Bentuknya kini akan makin unik.

8. Agar makin unik, coba ubah sudut pandang obyek gambar. Caranya, klik-kanan pada gambar, lalu pilih [Transform] > [Shear…]. Pada boks dialog Shear, atur sudut pandang lewat menu “Shear Angle”. Jika Anda ingin obyek tampil hampir rata dengan dasar, gunakan sudut antara 45-60 derajat. Atur juga “Angle” pada menu “Axis” jika mengubah orientasi sudut obyek. JIka sudah, klik [OK].

Sumber: PCplus

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Peta 3D dengan Coreldraw

Cara membuat peta 3 dimensi dengan coreldraw biasanya digunakan untuk undangan pernikahan, undangan walimahan, dan lainnya sehingga tampilan lebih menarik dan terlihat beda dengan tampilan denah lokasi atau penunjuk arah jalan yang lainnya. Tutorial CorelDraw Tingkat Dasar ini ada tiga tahap utama yang kemudian Anda akan mempelajari beberapa hal seperti : Transform objek Group / menggabungkan objek Membuat garis dengan bezier tool Merubah garis menjadi objek Merubah jenist titik point pada garis Mewarnai objek dan garis Merubah ukuran garis Menggunakan bezier tool Menggunakan Shape Tool Membuat objek 3D ( tiga dimensi ) dengan coreldraw dll Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mngetahui bentuk kasar jalan, nama jalan, nama gedung dan pelengkap penunjuk arah. Anda bisa menggunakan peta yang sudah ada melalui google maps dan di print screen selanjutnya masukkan ke dalam coreldraw dengan cara mengimportnya ( CTRL + I ). 1. Masukkan image dari google maps yang s...

Belajar Teknik Tracing Menggunakan Corel Draw

    Dalam bidang Desain Grafis , Tracing berarti proses menggambar  ulang suatu illustrasi dengan acuan/aturan tertentu menggunakan tool-tool digital dengan bantuan computer. Ada beberapa cara membuat sebuah design dalam Corel Draw , salah satunya adalah teknik Tracing. Dengan menggunakan teknik Tracing kita bisa membuat atau meniru sebuah gambar/objek dengan cepat dengan detil-detil yang sesuai. Tutorial ini sangat mudah dan cepat, kami akan menjelaskan secara detail mulai dari memasukan gambar hingga pengaturannya. Yang kita perlukan hanyalah kesabaran, ketrampilan dan jiwa seni. Dalam tutorial ini kita akan mengilustrasikan teknik dasar tracing dengan menggunakan CorelDraw secara cepat. Sebelum kita melakukan proses tracing hal utama yang perlu kita ketahui adalah teknik- teknik shaping seperti berikut : Weld Merupakan teknik penyatuan 2 objek atau lebih menjadi sebuah objek. Teknik ini tidak dapat dipisah/ungroup karena semua titik node saling menyatu. Trim Me...

Cara menghitung ukuran file gambar

Cara menghitung ukuran file gambar dan foto digital ini dibutuhkan untuk mengetahui ukuran hasil setelah pengubahan atau edit foto, yang pada akhirnya diperlukan saat gambar atau foto akan diunggah alias diupload dalam sebuah media online, seperti personal blog dan website. Begitu pula terkadang kita bertanya-tanya kenapa gambar yang bagus biasanya ukuran file-nya besar. Pada pembahasan ini kita akan mempelajari tentang pembuatan citra digital RGB dalam bentuk format file BMP, selebihnya adalah wawasan format. Lantas, apa yang mempengaruhi ukuran sebuah file gambar? Jawabannya adalah dimensi gambar (panjang dan lebar) dan kedalaman gambar (bit per pixel). Dimensi gambar sudah cukup jelas, berapa panjang dan lebar dari sebuah gambar dalam satuan pixel. Misalnya: 640×480, 800×600, 1024×768, dst. Sedangkan kedalaman gambar artinya ruang yg disediakan untuk menampung informasi warna dalam satu pixel (Pixel adalah satuan terkecil dari dimensi gambar). Perlu juga dipahami bahwa...